Sabtu, 11 April 2015

Menulis untuk Mentertawakan Diri Sendiri




Merayakan Postingan ke- 62

Postingan ke- 62 itu sebenarnya tidak ada apa- apanya. Saya hanya penulis amatir dibandingkan mereka penulis- penulis keren yang jumlah karyanya ribuan bahkan jutaan. Tapi, izinkan saya merayakan ini, sebagai tanda syukur saja, syukur atas segala hal. Oya satu lagi, saya tulis ini sebagai bentuk ekspresi saya dalam mentertawakan diri sendiri.

Saya ingin tahu, apa yang terbersit dalam pikiran kalian ketika kalian mendengar kata “mentertawakan”? Tidak perlu mencarinya dalam kamus Bahasa Indonesia karena memang tidak ada. Itu artinya kata “mentertawakan” bukan kata yang baku? Iya betul, hehe.

Jika saya boleh mengurai, kata “mentertawakan” itu memiliki kata dasar “tertawa” dengan imbuhan “me” dan “kan”. Dalam bahasa Indonesia, seperti yang kita tahu, imbuhan “me” dan “kan” berarti “membuat jadi”. Contohnya seperti yang terdapat dalam kata “menjinakkan” yang berarti “membuat jadi jinak”. 

Oke. Jadi salah satu tujuan saya memposting tulisan ini adalah untuk “mentertawakan diri sendiri”. Apa tuh? Iya, saya harap postingan ini “membuat saya jadi tertawa”, haha..

Memang jika direnungkan, setelah mencoba belajar menulis sejak lama (sampai detik ini pun masih belajar) dan menyalurkannya dengan media blog (meski masih berantakan) dan juga coba- coba kirim ke media online, saya jadi mengerti. Terkadang jika sedang luang saya iseng- iseng membaca kembali tulisan- tulisan lama saya. Dan taraaaa….., jujur saja saya tersenyum- senyum sendiri. Ternyata saya pernah begitu bersemangat, kritis, idealis, autis, terkadang begitu naif, pragmatis, terlalu dibuat- buat, kadang juga apa adanya, menggebu- gebu sampai tulisan yang pesimistik. Wah ternyata begitu saya kelihatannya pada perwujudan tulisan- tulisan lama saya.

Saya tulis ini juga sebagai bentuk kenangan. Kenangan bahwa saya pernah begitu kritis, idealis, naif, pragmatis, menggebu- gebu, mengalir, dibuat- buat, terlalu sok’, tidak karuan dan sebagainya. Saya tulis ini sebagai pengingat. Pengingat bahwa saya tidak melulu konsisten membawa warna pada tulisan saya, kadang merah, hijau, biru, putih tak jarang juga hitam. Dan ini artinya, saya masih harus banyak belajar!

Hmm, itu artinya manusia pun tidak bisa dinilai isi batin dan fikirannya hanya dari tulisan- tulisannya bukan? Pun saya. Karena tulisan seseorang yang kita baca saat ini, mungkin tidak lagi jadi identitas bagi penulisnya sekarang. Contoh kecilnya saya. Dulu sekitar tiga tahun yang lalu, saya pernah membuat sebuah tulisan tentang music metal. Saya dengan serampangannya mengungkapkan bahwa music metal itu tidak baik, menyesatkan dan bla bla bla. Duh, beraninya ya saya mengungkapkan itu tanpa menganalisa lebih jauh dan hanya menerima informasi dari satu pihak saja. Padahal setelah saya cari tahu lebih jauh, ada banyak sekali hal- hal mencengangkan soal music metal yang ternyata tidak melulu negative.

Saya tidak menyesal, dan memang tidak perlu menyesal. Toh semuanya memang sudah terjadi, tulisan- tulisan kita pun sudah terlanjur terposting. Yang pasti, kita tidak mungkin jadi seperti sekarang jika kita tidak mengalami apa- apa yang kita alami dibelakang.

Bagi saya, yang terpenting sekarang adalah mengambil pelajaran dari apa- apa yang telah terjadi. Merenung, berfikir dan bertindak lebih baik kedepan-nya. Semoga blog saya dapat diambil manfaatnya oleh siapapun. Maafkan saya ya jika saat membaca blog saya tidak ada kebaikan yang bisa diambil. Semoga Allah mengampuni saya dan semoga saya dapat mempertanggungjawabkan semua kelak dihadapan-Nya. 

Terimakasih telah berbaik hati meluangkan waktunya yang berharga untuk membaca tulisan- tulisan sederhana di blog saya..

Perkenalkan, ini saya, Vissiana Rizky Sutarmin yang baru, untuk sekarang…

Segala yang positif. Semoga bertahan..
Segala yang negative. Semoga berguguran..
Salam damai :)



*gambarnya dapet dari google :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar